Inilah 5 Tipe Hunian Impian Warga Metropolitan yang Memiliki Budget Minimalis

 


(Foto by. polarumah.com)


Hai, kali ini kita bahas soal hunian yuk. Penting nih, karena tempat tinggal bagian dari kebutuhan pokok manusia. Hunian, tempat tinggal atau rumah atau apapun kalian menyebutnya, intinya sebuah tempat untuk berteduh dari hujan dan panas, berkembang biak, tempat edukasi dan sebagainya.

Sebelum kita lebih lanjut, bagi kalian warga metropolis yang sedang berjuang punya rumah impian tapi budget minim, semoga tulisan berikut bisa membantu dan memberi pencerahan buat semua. 

Orang yang tinggal di perkotaan kalau membahas hunian, bukan perkara mudah ‘loh. Karena kebutuhan dan permintaan akan rumah ini nyaris tidak seimbang. Di karenakan oleh populasi manusia yang kian hari bertambah, namun ketersediaan rumah makin sulit di dapatkan. Dimana pada akhirnya, kebanyakan warga metropolitan akhirnya memilih hunian yang memenuhi kuota budjet minimalis.  

What? Memangnya bisa, punya uang seadanya tapi memiliki rumah?

Mungkin banyak orang berpikir demikian yaa..

Jawabannya, tentu bisa dong. Kalian pikir pemerintah nggak mikirin rakyatnya kayak kita-kita gini yang masih hidup merintis hidup, merintis karir tapi pingin banget punya rumah sendiri. Ibarat kata pepatah “nggak apa-apa deh rumah mungil juga mah, milik sendiri. Dari pada jadi kontraktor melulu.” Dan kita nggak sedang membahas para kawan-kawan yang masih berjuang memperoleh rumah dengan masih jadi pengontrak yaa..

Jadi jangan heran yaa kalau rumah orang-orang yang tinggal di perkotaan ‘tuh ukurannya kisarannya mulai dari 100m2, 72m2, 60m2, 50m2, 45m2, 36m2, 31m2 bahkan 21m2. Secara rasio, harga tanah per-meternya saja di kota memang sudah mahal, belum lagi cost pekerja tukang, bahan bangunan, desain dan lokasi.

Membahas masalah rumah bagi warga metropilitan dewasa ini sudah menjadi kebutuhan paling utama. Karena hampir sebagian besar warga metropolis mencari nafkah di ibukota. Namun bermukim di kota pendukungnya. Maka demi mempersingkat jarak, waktu, dan biaya orang-orang mulai melirik hunian dalam kota.

Namun, lagi-lagi seringkali budget acapkali menjadi bumerang tersendiri. Harga unit hunian impian baik rumah landed atau rumah vertikal dianggap kurang bersahabat. Nah, inilah yang mungkin menjadikan para pengembang dengan dukungan pemerintah tentunya mulai banyak menggarap hunian dengan dana minimalis. Kebayang nggak dengan DP 5 jutaan kalian sudah bisa mempunyai rumah.

Okay, yuk kita bahas yaa tipe rumah yang mungkin sedang kalian cari soal hunian dengan budget minimalis. Setidaknya akan kita bahas dari 5 faktor :

1.     1.  Dekat dengan kawasan kantor dan tempat kerja. Poin pertama ini biasanya pasti menjadi acuan buat kalian ‘kan. Demi mempersingkat waktu dari tempat kerja ke rumah, maka jika ada tawaran menarik pasti bakalan diambil.

2.    2. Sesuai dengan pendapatan, terjangkau. Biaya hidup di perkotaan saja sudah mahal, mulai dari transportasi, akomodasi dan sebagainya. Tinggal bagimana kita menyesuaikan saja dengan kebutuhan. Pun demikian halnya juga dengan kebutuhan akan rumah. Rumah dengan biaya minimalis, tidak akan memberatkan biasanya. Karena secara harga sendiri terjangkau dengan pendapatan rata-rata warga menengah ke bawah.

3.      3. Sistem pembayaran yang memudahkan. Banyak beradar kabar kalau urusan pembayaran rumah itu rumit. Padahal tidak juga kok. Asal dokumen yang dibutuhkan lengkap, mudah saja. Oya, pernah dengar rumah subsidi tidak? Secara pembiayaan, kategorinya masuk dalam rumah dengan dana minimalis, menurut saya. Ada kok rumah yang cicilannya dibawah 1 jutaan/bulan.

4.     4.  Cocok untuk usia muda. Anak muda zaman sekarang memang kreatif dan berpikiran maju ke depan. Visioner. Saya punya kisah nih tentang seorang kerabat yang usianya masih dibawah 30-an tapi sudah memiliki rumah. Dia memilih rumah tipe cluster ukuran 6x12 meter di pinggiran kota metropolitan. Dia membayar secara kredit ke Bank selama 10 tahun. Berarti sekitar kurang dari usia 40-an dia sudah memiliki rumah sendiri. Dan kita juga tau, harga property di perkotaan semakin naik terus. Artinya, si saudara saya itu sudah berinvestasi dengan baik dan benar untuk hidupnya kelak. Kalian gimana?

5.      5. Banyak pilihan model/tipe dan lokasi. Kalian ketik deh di google gambar rumah minimalis. Aduh modelnya bikin mata melotot semua. Cantik, elegan, unik dan ahhh pokoknya nggak akan menyangka rumah secantik itu punya harga yang bersahabat sama kantong. Oya, setau saya dari beberapa pengalaman teman, desain modelnya ada yang bisa kita tentukan sendiri loh. Wah, asik kan.

 Hmm, dari uraian diatas, diharapkan kalian sudah bisa menentukan pilihan untuk segera menginvetasikan dana, gaji atau pendapatan untuk membeli sebuah rumah impian di wilayah perkotaan. Konon, jika kita memiliki rumah di kota, merupakan salah satu tolok ukur kesuksesan seseorang. Serta sebagai motivasi juga dalam meraih impian lainnya. Dan yang penting dengan dana minimalis, rumah impian bisa didapatkan. Setuju yaa..

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

terimakasih sudah berkunjung, dan mohon maaf komennya di moderasi dulu yaa..

Diberdayakan oleh Blogger.