Berpenghasilan dari Internet dengan Mudah Ditengah Pandemi



Foto by: distarkes.com



Haiii, ketika menuliskan tema lomba ini kok saya hepi yaa.. Mungkin karena domain baru, atau secara kebetulan setelah domain dipasang, job content placement menghampiri. Alhamdulillah sudah balik modal deh.. Hehe 

Okay, kalau kita membahas musim pandemi ini memang bikin ribet, runyam, ngeselin ahhh pokoknya semua hal yang nggak enaklah. Tapi, ibarat pepatah orang Minang, untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak. Sudah suratan dari Tuhan bahwa kondisi seperti ini harus kita alami. 

Hey, pandemi sedang menyerang dunia. Orang sejagat raya pun sama kayak kita. Pekerjaan terganggu, sekolah dan banyak lagi yang lainnya. Tapi, bila ditelaah lagi. Pasti ada hikmah dibalik bencana. Setuju yaaa.. 

Tuhan memberikan ujian beserta lembaran jawabannya kok. Ujian diadakan untuk kenaikan kelas kan. 

Mari kita fokus pada orang-orang yang berhasil survive saat pandemi seperti ini. 
Emang bisa? Yaaa bisalahhh..
Dunia digital semakin ruaaameee..
Yang tadinya berbisnis di dunia nyata, beralih ke online. Rame-rame bikin akun di marketlace, bikin website, bikin blog. Supaya penghasilan dan pundi-pundi rupiah tetap mengalir dengan baik. 

Sebenarnya kalau diperhatikan dengan seksama, masa pandemi ini justru membuka peluang besar bagi orang yang mau memanfaatkan dunia internet. Para pakar bisnis dalam beberapa laman online mengatakan bahwa untuk tahun-tahun selanjutnya kita akan hidup berdampingan dengan internet. 

So, bersiaplah wahai para perempuan (khususnya) menghasilkan rupiah dari jari-jari Anda. 

Mudah kok. Bagaimana caranya? Banyaaaak caranya. 

Yuk kita bahas beberapa yang sudah umum dilakukan orang tentang berpenghasilan dengan mudah dari internet: 


JUALAN ONLINE 

“Ahhh, gampang toh selama ini aku jualan via sosial media kok.” 
“ Laris-laris aja.” 
Hey, kisanak. Hampir semua orang yang berbisnis sejagat raya berbondong-bondong bermigrasi ke media online. Jualan via sosial media. Otomatis persaingan makin ketat. Rasanya kalau jualan cuma mengandalkan sosial media, rasanya zaman now kurang worth it lah, butuh inovasi lagi dong supaya toko online Anda terlihat makin bonafid yang dengan mudah mendatangkan benefit. 

Solusinya : bikin website. Apa???.. Nggak bisa bikin? Nggak ada waktu. Ribet. Ngaku gaptek. 

Okay, serahin saja kepada ahlinya Sahabat Hosting. Biar Anda para olshoper ngurusin orderan dan transferan saja. Setuju yaa.. 

Oya saya ada cerita nih soal jualan online. Secara saya sendiri pun pelaku bisnis online. Sejak Idul Fitri tahun ini saya membuka bisnis kuliner secara online. Jualan rendang padang. Media jualannya di seluruh akun sosial media yang saya punya. Akun WhattsApp, Facebook, Instagram. Alhamdulillah, bulan pertama omset tembus mencapai kisaran 10 jutaan. Makin semangat dong jualan. Cuma kadang kendalanya, chat pribadi harus fast respon. Sementara yang handle baru saya sendiri. Bolak balik ngecek semua akun agak merepotkan sih sebenarnya. Hayati lelah wooyyy.. 

Saat itu kepikiran bikin website saja. Jadi titik kumpulnya ada di satu media saja. Yaa promo produk dan balas chat calon konsumen. Sampai saat ini bikin website belum kesampaian. Khawatir biayanya mahal (mohon tidak di bully yaa..hehe). 

Saya belum tau kalau ada Hosting Murah. Karena penasaran, masa iya ada Hosting Murah sih? Jiwa kepo emak-emak yang doyan cari produk murah tapi nggak murahan bergejolak dong yakaaan. 

Ternyata bener sodara-sodara setanah air, murah dan terjangkau. Ahh, paling beberapa pack Rendang Lazid sajoo harganya. Balik modal sudah. Semudah itu Bebs.. 


BERDUIT VIA BLOG 

Dalam dunia blogging, sejujurnya saya masih kategori pemula banget. Masih banyak lika- liku dunia blogging yang harus saya kunyah pelan-pelan. Jadi berdasarkan riset dan literatur yang dikumpulkan dari berbagai sumber, setidaknya beberapa poin dibawah ini bisa mendatangkan rupiah: 

Membuat konten sponsor alias review produk. 
Halo Anda yang aktif di dunia sosial media, sudah punya follower kan. Manfaatkan ke-eksis-an Anda itu entah sebagai influencer kek atau apapun namanya salah satunya dengan menulis review produk. Mereview produk adalah pekerjaan menyenangkan bagi blogger (saya sih iya). Karena biasanya benefit yang didapatkan berlipat. Yakni produk, fee dan viewer blog. Semua merasa diuntungkan bukan. 

Daftar adsense. 
Yey, semua blogger mendambakan mendapatkan adsense dari si embah gugel. Kita di gaji dollar euy.. 

Buka jasa content placement. 
Ada banyak berseliweran job Content Placement. Saya pernah menerima jasa ini. Soal harga, saya ikuti dari pihak penyedia jasa saja. Lumayan lah buat jajan cilok, sisanya buat ditabung bakal perpanjang domain tahun depan.
 
Ikut program affiliasi. 
Sebenarnya saya hampir friendly dengan sistem kerja affiliasi ini. Karena kerjaanya gampang, jualan kekinian. Yes, selling program hosting. Kayak jualan domain, percantik blog, kutak-katik blog atau website. Pokoknya segala yang berbau per-hosting-an. Kata seseteman, fee yang didapat lumayan loh. Biasanya sistem prosentase. Misalnya, sekian persen dari nilai transaksi. Udah gitu, yang masangin ada teknisinya. Gampang yakaan.. ahhh, cuan mah kalo dicari emang banyak sumbernya . 

Ikut lomba blog. 
Hadiah yang ditawarkan pihak penyelenggara lomba blog biasanya menarik. Mulai dari sejumlah uang, hosting gratis sampai benda-benda yang berkaitan dengan kegiatan blogging seperti, gadget dan laptop. Tergantung besarnya event lomba. Jika menang, maka hadiah akan di tangan. Tapi walaupun misalnya belum beruntung, traffic view di blog Anda setidaknya akan meningkat. Dan bukan tidak mungkin akan dilirik para pemasang iklan, brand produk untuk job review produk. Atau apapun itulah. Yang intinya, nggak ada ruginya mengikuti kompetisi semacam ini. 

Oya, satu poin lagi keuntungan mengikuti lomba blog, kadang kita merasa karya tulisan kita sudah bagus. Namun, mungkin orang lain memiliki rasa yang berbeda. Disinilah letaknya kompetisi. Ada menang dan belum menang. Dan juga sebagai ajang belajar dari para peserta lainnya. 


Jadi, walaupun pandemi tengah melanda, selalu ada jalan (kata lagu Maher Zain) asal kita masih mau terus belajar, bersyukur dan melihat sekeliling bahwa masih ada solusi yang solutip (Bu Tedjo pinjem istilahmu yo). Berpenghasilan dengan mudah di tengah pandemi salah satunya yang sedang di gandrungi yaaa via internet. Bagi para emak-emak dan ibu-ibu tidak usah khawatir, bahwa dunia akan berhenti. 

Yuk, buka mata, melek digital. Mau jualan online berbasis website silakan, atau cari uang via tulisan melalui blog yaa monggo.. Semuanya ada dalam gengaman dan jemari kita. Semoga tulisan ini bermanfaat yaa.. 


 #Tulisan Ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Sahabat Hosting

Tidak ada komentar:

terimakasih sudah berkunjung, dan mohon maaf komennya di moderasi dulu yaa..

Diberdayakan oleh Blogger.